Rambut Rontok ? Ini DIa Penyebab dan Cara penanganannya




Cara Mengatasi Rambut Rontok

detiksehatbugar.blogspot.com - Siapa yang merasa terganggu ketika rambut yang menjadi mahkota
kita tiba-tiba rontok. Memang rambut rombut rontok adalah hal yang wajar yang dialami oleh semua orang, termasuk juga kita. Tetapi jika berlebihan terkadang ada alasan medis yang menyebabkan rambut rontok.

Nah pada pembahasan kali ini kami mengajak anda mengetahui penyebab-penyebab kenapa kerontokan ini terjadi, dan mungkin anda saat ini sedang mengalaminya.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok tidak hanya dialami oleh wanita teteapi juga oleh kaum pria. Kerontokan masih dianggap wajar apabila jumlahnya kurang dari 100 helai per hari. Namun bagi wanita hal itu dapat menjadi suatu masalah yang besar karena dapat mengganggu rasa percaya diri, nah maka dari itu harus di cari tau apa saja penyebab kerontokan rambut bisa terjadi, berikut diantaranya.

1. Gangguan Hormon
Pola kerontokan rambut pria dikenal dengan istilah medis alopesia androgenetik. Kerontokan ini terjadi karena akar rambut yang terlalu peka terhadap salah satu jenis hormon testoteron yaitu dihidritestoteron ( DHT ). Tingginya DHT membuat helai rambut rontok dari akarnya. kerontokan pada pria biasanya berpola sebagai berikut.


· Garis rambut yang bergeser naik
· Penipisan rambut di bagian ubun-ubun dan samping kepala

Sedangkan pola kerontokan pada wanita biasanya hanya menipis pada bagian atas kepala. Kerontokan pada wanita umumnya terkait dengan perubahan hormon seperti pada masa menopause, masa kehamilan dan masa penggunaan kontrasepsi hormonal.

2. Perngaruh Gizi dan Vitamin
Penyebab rambut rontok parah selanjutnya bisa terjadi karena pengaruh gizi dan vitamin. Kulit kepala merupakan tempat dimana rambut tumbuh dan akar rambut menempel. Sehingga kesehatannya perlu dijaga dengan nutrisi yang cukup. Asupan gizi yang kurang menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Kerontokan ini di tandai dengan helaian rambut yang menipis sehingga menyebabkan kerontokan. oleh karna itu dengan memperhatikan asupan gizi dan vitamin sangat dianjurkan agar keindahan rambut tetap terjaga.

3. Bahan Kimia
Rambut yang terlalu sering menjalani proses kimia di salon juga rentan mengalami kerontokan. Sering mewarnai dan meluruskan secara permanen membuat tiap helai batang rambut kering, rusak dan mudah patah.

4. Alopesia Areata
Jenis kerontokan ini menyebabkan pitak dan pada umumnya terjadi pada remaja dan kalangan dewasa muda. Tetapi sebagian rambut penderita akan tumbuh dalam beberapa tahun kemudian. Beberapa hal yang diduga sebagai penyebabnya adalah faktor genetika dan gangguan pada sistem kekebalan pada tubuh.

5. Jarang Keramas
Rambut rontok bisa juga disebabkan karena jarang keramas. Rambut akan menjadi berminyak dan mudah lembab. Yang membuat rambut rontok adalah ketika terkena paparan sinar matahari dan rambut bercampur dengan keringat. Kemudian rambut yang terdapat pada kulit kepala dapat terserap oleh folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Selain itu, pada saat keramas usahakan jangan terlalu kencang menggosok kepala. Hal tersebut dapat merusak folikel rambut, karena hal tersebut juga dapat menyebabkan rambut rontok.

6. Tekanan Psikologis
Misalnya stres, Pada jenis ini, penderita akan mengalami penipisan rambut dikepala tapi tidak selalu mengalami kebotakan. Kerontokan jenis ini terkadang berkurang tanpa penanganan medis.

7. Pengaruh Penyakit Kulit atau Penyakit Autoimun
Kebotakan jenis ini bersifat permanen karena rusaknya folikel rambut yang menjadi tempat tumbuhnya akar rambut. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan lichen planus dan Lupus eritematosus diskoid ( diskoid lupus erythematosus/DLE )

8. Terlalu Kencang Mengikat Rambut
Bagi wanita biasanya mengikat rambut dilakukan untuk memperindah penampilan. Akan tetapi, perlu diperhatikan lemah atau kuatnya ikatan yang dibuat. Rambut yang diikat terlalu kuat menyebabkan akar rambut ikut tertarik yang dapat mengakibatkan kerontokan. Maka dari itu mengikat rambut pun juga perlu diprhatikan tingkat kekuatan ikatannya. Karena ikatan rambut yang kuat selain membuat rontoknya rambut juga mengakibatkan kulit kepala sakit.

9. PenyakitAda beberapa penyakit kronis yang dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut, diantanya adalah lupus dan diabetes.

10. InfeksiJika kemu memiliki infeksi pada kulit kepala maka segeralah di obati. Karena jika dibiarkan, infeksi tersebut dapat menyebabkan kerontokan pada rambut anda. Jika sudah terjadi, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan anti jamur kerontokan rambut agar tidak semakin parah.

11. Sinar Matahari serta PolusiSelain memililki manfaat yang baik untuk tubuh kita, ternyataa sinar matahari dapat mengakibatkan berbagi macam penyakit salah satunya menurunya kesehatan pada rambut yaitu yang berkaitan dengan berkurangnya keratin rambut, Keratin merupakan protein yang berada di rambut, kuku dan gigi pada manusia. Fungsi keratin pada rambut adalah untuk menjaga rambut agar tetap berkilau +Wikipedia.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok. Masalah besar jika kita sering mengabaikan kondisi rambut kita dan jika pada akhirnya rambut mengalami kebotakan.

Nah setelah kalian membaca penyebab rambut rontok, berikut kami akan memberikan tips-tips cara mengatasi rambut rontok


CARA MENGATASI RAMBUT PATAHdetiksehatbugar.blogspot.com - Bagi sebagian orang, mungkin mengatasi masalah rontok pada rambut mungkin masalah yang besar. Namun jika kita melihat cara-cara berikut asumsi tersebut mungkin dapat terpatahkan. bahkan cara ini bisa dibilang sangatlah mudah untuk dilakukan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari dan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan rambut. berikut cuplikannya.

1. Makanan
Selain untun mengisi tenaga sebelum beraktifitas, makanpun juga perlu diperhatikan. Saat makan beberapa hal yang perlu diperhatikan apalagi ketika sarapan, yaitu makanan yang kita makan setidaknya kaya akan protein, gizi dan vitamin yang baik untuk rambut. Kekurangan protein seperti daging merah, telur, ayam dan lain sebagainya ) dapat menghambat pertumbuhan keratin rambut. Maka dari itu ketika makan tetap perhatika asupan gizi sebelum memakannya.

2. Minyak Zaitun/Olive Oil
Kita semua tentunya pasti tau kan dengan minyak zaitun, iya minyak yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh ini tentunya juga mempunyai peran yang penting jika di gunakan untuk menjaga keindahan rambut. Untuk mengobati rambut rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah. Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 m3nit sebelum keramas, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat-mijat kurang lebih 2-4 menit secara perlahan yang bertujuan agar kandungan nutrisi minyak zaitun dapat diserap uleh kulit kepala untuk menutrisi rambut itu sendiri. Setelah itu lakukan keramas menggunakan shampo seperti biasa sampai bersih.

3. Bawang Putih dan Bawang Merah
Selain untuk mencegah rambut rontok, bawang putih juga mampu mengatasi rambut yang terlanjur rontok, karena bawang putih dipercaya dapat menghentikan kerontokan baik yang parah sekalipun. Cara penggunaannya, ambil beberapa siung bawang putih lalu haluskan, kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun bebepara tetes lalu usapkan pada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 30 menitan lalu bilas hingga bersih. Selain itu kandungan sulfur pada bawang putih juga mampu melancarkan sirkulasi darah pada folike rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara tersebut rutin sebelum keramas.

Untuk bawag merahpun cara pengaplikasiannya jua sama dengan bawang putih. Karena bawang merah pun juga mempunyai kandungan sulfur yang baik dan sama dengan bawang putih jika untuk menjaga dan menumpas rambut rontok.

4. Santan Selain untuk membuat rambut berkilau, ternyata santan juga mampu mengatasi masalah pada rambut seperti kerontokan, caranya pun juga tidak sulit. Cukup siapkan segelas atau bisa disesuaikan dengan ketebalan rambut lalu oleskan santan tersebut hingga merata pada rambut sambil sedikit ditekan agar santan mengenai kulit rambut. Setelah 30 menit bilas dengan shampo hingga bersih. Setelah menggunaka santan ini rambut akan terasa licin dan berkilau. Agar mendapat hasil yang maksimal lakukan sekurang-kurangnya 2 kali dalam sseminggu.

5. Gaya Hidup SehatTahukah anda, dengan tubuh yang sehat pikiran yang selalu fres juga berpengaruh pada kesehatan rambut kita. Apa gunannya melakukan perawatan diatas jika tidak di imbangi dengan gaya hidup yang sehat, tentunya hasilnya akan kurang maksimal tentunya. Karena kesehatan merupakan suatu anugrah yang sangat mahal. Jika kita sakit tentunya akan menggangu imunitas tubuh kita bukan terutama akan berdampak juga pada rambut. Tetap jaga gaya hidup sehat anda pola makan anda, asupan gizi anda, karena rambut terbuat dari protein dengan mengkonsumsi buah-buahan dapat membantu menjaga keindahan rambut.


Oke sekian beberapa penjelasan mengenai penyebab rambut rontk serta sedikit cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca

No comments